Sabtu, 06 Juni 2015

ATAP SIRAP
















Atap Sirap terbuat dari kepingan tipis kayu ulin. Jenis atap ini dapat bertahan sekitar 60-an tahun bahkan lebih lama lagi. Ketahanan materialnya tergantung dari keadaan lingkungan, kualitas kayu besi yang digunakan dan kemiringan sudut atap. Material atap jenis ini sangat cocok digunakan untuk rumah yang berkonsep country atau yang menyatu dengan alam. 

Kayu ulin ( Eusideroxylan Zwageri ) atau biasa disebut sebagai kayu besi merupakan kayu terkuat dari habitat aslinya, Pulau Kalimantan. Tinggi pohon dapat mencapai 35 m dengan panjang batang bebas cabang 5 - 20 m, diameter 60 - 80 cm. Ulin umumnya tumbuh pada ketinggian 5 - 400 m di atas permukaan laut dengan medan datar sampai miring, tumbuh terpencar atau mengelompok dalam hutan campuran.

Ciri utama ulin adalah batangnya yang lurus dengan banir yang tumbuh tidak secara melingkar. Kulit pohonnya licin, berwarna kuning atau kelabu muda. Ulin yang sudah dipotong akan menghitam jika lama terendam air. Tekstur kayunya kasar, sangat keras sehingga sulit digergaji dan baunya aromatis.

Keistimewaan kayu ulin, selain kuat dan awet ( termasuk dalam kelas kuat I dan kelas awet I ) adalah tahan terhadap serangan rayap dan serangga penggerek. Kayu ulin juga tahan terhadap perubahan suhu, kelembaban dan pengaruh air laut. Karenanya jenis ini banyak digunakan untuk konstruksi jembatan, dermaga, bangunan yang terendam air, bantalan rel kereta api, perkapalan dll. Kayu ulin juga biasa dibuat atap untuk rumah tinggal, villa, hotel, cottage, resort, pasar tradisional, cafe dan gazebo.
    
Beberapa keuntungan dan keunggulan menggunakan atap sirap ini diantaranya yaitu:
  1. Tahan lama.
  2. Tahan terhadap cuaca panas maupun hujan.
  3. Tahan terhadap goncangan seperti gempa.
  4. Tahan banting, tidak mudah retak, pecah ataupun patah.
  5. Anti lumut. 
  6. Anti maling.
  7. Rumah menjadi sejuk, asri dan terkesan alami.
  8. Tidak mudah bocor.
  9. Bisa dipasang baik di rangka baja maupun rangka kayu.
  10. Kuat dan rapi.

Tapi perlu diketahui bahwa dalam pemasangan sirap sebagai atap tidaklah mudah, haruslah benar - benar rapat, rapi dan teliti, kalo tidak atap dipastikan akan bocor di waktu hujan. Untuk itu anda harus benar - benar selektif dalam menggunakan jasa pemasang atap sirap. 

Sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar: